ArtikelAtraksi

Apitan, Sedekah Bumi Japan

Tradisi sedekah bumi merupakan tradisi yang ditujukan sebagai ungkapan rasa syukur atas rezeki yang telah di terima khususnya masyarakat yang menggantungkan hidupnya dari alam. Desa Japan merupakan desa yang mayoritas penduduknya berkebun dan bertani untuk memenuhi kebutuhannya. Berbagai jenis tanaman dan komoditas pangan dikembangkan dan dibudidayakan. seperti halnya Jeruk pamelo, Kopi, Ganyong, Parijoto, dan alpukat.

Bulan Apit (bulan hitungan jawa) adalah bulan yang hormati serta diperingati dengan berbagai ritual kebudayaan. Pada bulan apit, Tradisi Sedekah Bumi dilaksanakan yang bertepatan pada hari kamis wage ( khusus Desa Japan). Tradisi Sedekah Bumi yang dilakukan pada bulan apit inilah yang sering disebut dengan tradisi Apitan, selain ungkapan sedekah bumi.

Dalam tradisi Apitan Sedekah Bumi ini, setidaknya ada tiga kegiatan wajib yang dilaksanakan yakni kenduren, penyembelihan dan pembagian daging hewan sedekah bumi (khusus Desa Japan, Kerbau), dan Pertunjukan Wayang Kulit semalam suntuk. Namun selain kegiatan wajib tersebut juga terdapat Kirab Gunungan Hasil Bumi yang ada di Desa Japan.

Print Friendly, PDF & Email
Syaroful Anam

Syaroful Anam

Digital Management

One thought on “Apitan, Sedekah Bumi Japan

Comments are closed.