Destinasi

Puncak Argo Piloso

Puncak Argo piloso merupakan salah satu puncak gunung di deretan pegunungan muria. Salah satu puncak yang bisa diakses dari desa japan kecamatan Dawe kabupaten Kudus. Tempat ini dikenal banyak orang dengan keindahan alam yang luar biasa. Kalian bisa melihat pesona alam dari tiga kabupaten sekaligus yaitu Jepara, Pati dan Kudus dari atas puncak.

Puncak Argo piloso memiliki ketinggian 1581 MPDL diatas permukaan laut. Ketinggian yang sangat cocok untuk para pendaki pemula memulai petualangan mereka.

Waktu yang diperlukan menuju puncak sekitar 2 jam tergantung lama tidaknya kalian beristirahat. Dari puncak argo piloso, kalian juga dapat melihat puncak 29 yang membentang dihadapan jika tidak terhalang kabut.

Diantara deretan Pegunungan Muria, Argo Piloso merupakan puncak paling alami yang menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Sejauh mata memandang, kalian akan menjumpai banyak perpohonan besar yang hijau dan asri.

Selain pepohonan yang lebat, dalam perjalanan kalian juga dapat menjumpai beberapa hewan seperti : lintah, berrbagai spesies burung, tupai, babi hutan sampai kera. Menambah rasa syukur kita untuk hidup berdampingan dengan alam.

Akses Pendakian Argo Piloso

Untuk menuju pos terakhir sebelum mendaki, darimanapun kalian datang sebaiknya langsung mengarahkan kendaraan ke kompleks wisata air tiga rasa Rejenu. Jangan malu untuk bertanya karena warga sekitar dikenal baik akan keramahanya. Dan jangan khawatir kalaupun perbekalan kalian belum mencukupi disana telah tersedia warung yang buka 24 jam.

Dari air tiga rasa, kalian bisa mengikuti jalan setapak disamping kiri sumber mata air. Selanjutnya kalian akan melewati jalan berakar pohon yang licin, jadi sebaiknya kalian menggunakan sepatu pendakian untuk keperluan outdoor. Kemudian ikuti jalur dengan tulisan “PUNCAK” di sepanjang jalan.

Puncak Argo Piloso di Pegunungan Muria

Beristirahatlah di 2 pos yang tersedia sebelum sampai ke puncak. Sebelum sampai puncak, kalian harus melewati jalur menguji adrenalin, yaitu memanjat tangga yang terbuat dari kayu. Berhati-hatilah karena samping kanan dan kiri merupakan jurang.

Lokasi puncak ditandai dengan adanya papan yang bertuliskan Puncak Argo Piloso dengan bendera merah putih yang menyertainya.

Print Friendly, PDF & Email
Dika Firmansyah

Dika Firmansyah

Jurnalis

One thought on “Puncak Argo Piloso

Comments are closed.