Artikel

Launching Desa Wisata Japan Melalui Japanku Fest: Kuliner Tradisional dan Produk UMKM

 Launching Desa Wisata Japan Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus adakan Japanku Festival (Japan Kuliner Festival) dengan mengusung konsep kuliner tradisional tempo dulu, Sabtu (18/12/2021).

Pada kesempatan Launching Desa Wisata, Mawar Hartopo selaku ketua PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) Kabupaten Kudus, Kepala Dinas Pariwisata, Asisten Bupati Kudus, beserta rombongan hadir dalam acara tersebut.

Dalam sambutan, Bupati Kudus melalui Jatmiko menyampaikan bahwa desa yang berpotensi menjadi desa wisata perlu diberdayakan. Bagaimana memanfaatkan potensi yang ada sehingga banyak pengunjung yang datang.

“Di Desa Japan ini banyak potensinya, dan pasti akan banyak orang berbondong-bondong mencari pekerjaan dan ekonomi di sana,” ungkap Jatmiko.

Japan Kuliner Festival mengusung tema Japan Tempo Dulu, dengan konsep menjajakan makanan dan minuman tradisional yang sudah jarang ditemukan  di zaman sekarang. Dalam festival ini terdiri dari 15 stand makanan tradisional dan 4 stand minuman tradisional. Makanan dan minuman tersebut diambil dari hasil bumi yang menjadi ciri khas Desa Japan, seperti olahan ketela, kopi, jahe, pakis, dll.

Selain makanan dan minuman ada juga pameran seni, seperti kaligrafi, foto-foto Muria tempo dulu, dan batik yang bermotif khas Japan. Batik tersebut bermotif pegunungan yang memiliki filosofi alam pegunungan seperti, kopi, ayam hutan, dan pakis yang dikombinasikan menjadi motif yang menawan.

Print Friendly, PDF & Email