Artikel

Paguyuban Sendang dan Punden Desa Japan, Ramaikan Kirab Buka Luwur Kudus 2022

Kudus –  Kirab buka luwur Sunan Kudus diadakan untuk yang pertama kali dengan ribuan peserta dari 9 kecamatan daerah punden dan belik di kudus, Minggu (31/7/2022) ,

Desa japan ikut berpartisipasi dalam kirab buka luwur punden dan belik kabupaten kudus, kirab ini adalah bagian dari rangakaian acara salin luwur Syekh Jafar Shodiq (Sunan Kudus), dalam kesempatan ini desa japan diwakili oleh Paguyuban Air Tiga Rasa Rejenu,dan Punden Mbah Surogonjo ,tak lupa mengandeng anak-anak muda desa mulai dari Pokdarwis Parijotho dan anak ajar Pencak Silat Persatuan Setia hati Terate.

Acara kirab ini menyajikan gunungan dari daerah masing-masing punden dan belik, beraneka ragam jenis kekayaan alam di desa di tuangkan dalam gunungan-gunungan tersebut. 

desa japan membawakan gunungan berisi kekayaan alam yang ada di desa, seperti siyem,sayur mayur, parijotho, pisang, alpukat, dan tak lupa dipercantik dengan mahkota buah kopi yang menjadi identik wisata desa japan. 

Dalam kesempatan ini Didik sedyanto selaku ketua paguyuban air tiga rasa rejenu sangat mengapresiasi acara tersebut,

 “Disamping untuk memeriahkan acara salin luwur Sunan Kudus, acara kirab ini sangat bagus untuk mendorong warga desa mencintai kekayaan alamnya, serta dapat melestarikan budaya punden dan belik yang ada di berbagai daerah di kudus” jelasnya.

Selanjutnya kirab ini sangat diharapkan akan selalu menjadi bagian dari prosesi salin luwur ,agar dapat menjadi tradisi tahunan yang baik secara umum.

Menurut kepala Desa Japan, Sigit Triharso yang juga ikut serta menjadi bagian kirab, acara ini juga dapat menjadi ajang promosi desa dengan kearifan lokal masing-masing daerah.

“saya yakin acara ini dapat ikut serta menaikkan citra desa dari segi kekayaan alam dan kearifan lokalnya, apalagi kudus adalah kota yang kaya akan budaya” ungkap Sigit. 

Kirab diawali dari pendopo kudus dan berakhir di pelataran menara kudus .

Print Friendly, PDF & Email