Komoditas

Delima

Buah Delima menjadi buah yang cukup populer dan banyak dijumpai di kawasan gunung Muria khususnya di Desa Japan.Delima memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi, sehingga baik bagi kesehatan tubuh maupun kecantikan. Buah delima mengandung vitamin C yang sangat tinggi, nutrisi yang sangat penting bagi tubuh, sehingga mampu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh.
Selain itu masyarakat mempercayai bahwa buah Delima juga mampu meningkatkan kesehatan jantung, mengatasi tekanan darah tinggi, menjaga sistem pencernaan, mencegah kanker, menjaga kesehatan kulit.

Di Desa Japan, terdapat beberapa varian buah delima, pertama Delima merah, delima putih dan delima wulung. Delima merah adalah varian yang paling laku di masyarakat. Hal ini dikarenakan memiliki rasa yang lebih manis. Berikutnya adalah delima putih, varian ini cenderung dimanfaatkan masyarakat lokal dalam ritual adat seperti dijadikan syarat saat pelaksanaan ritual mitoni (7 bulan

umur bayi di kandungan), dll. Adapun jenis varian baru adalah delima wulung. Varian ini banyak dimanfaatkan untuk obat penyakit, seperti kanker, darah tinggi, dll.

Print Friendly, PDF & Email
Mutohar

Mutohar

Pengawas

One thought on “Delima

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *