Kerajinan

Sanggar Luthier Bamboo

Sanggar Luthier Bamboo merupakan sanggar yang berada di Desa japan. Luthier sendiri mempunyai arti “Pembuat Biola”, tetapi disanggar ini tidak hanya fokus dalam produksi dan penjualan biola, tetapi ada produk yang lainnya sepertinya biola kayu, miniatur biola, miniatur menara Kudus, dan menerima berbagai pesanan produk yang lainnya.

Sanggar ini didirikan oleh Bapak Ngatmin pada bulan November tahun 2012. Sebelum mendirikan sanggar ini Bapak Ngatmin atau yang biasa dikenal dengan sebutan Mbah Min Biola Bambu. Pada tahun 2009 bekerja di Bogor dan bekerjasama dengan salah satu Universitas yang ada disana sebagai Tukang Kayu.

Pada saat di Bogor Mbah Min membuat Biola yang berbahan baku kayu, dan akhirnya menemukan inovasi mencoba membuat biola dari bambu. Mbah Min membuat Biola Bambu yang terinspirasi dengan alat musik suling dan alat musik lainnya yang terbuat dari bambu. Dan di Tahun 2012 Mbah Min memutuskan untuk pulang ke Japan dan mendirikan Sanggar Luthier Bamboo.

Produksi dari Biola ini pastinya meninggalkan limbah dari bahan-bahan yang digunakan. dari situ akhirnya Mbah Min memutar otak bagaimana cara memanfaatkan limbah tersebut supaya tidak terbuang percuma dan dapat menghasilkan nilai ekonomi. Dari limbah tersebut Mbah Min dapat menghasilkan produk Miniatur Menara Kudus dan juga miniatur biola. Produk limbah tersebut dapat di terima di pasar dengan nilai ekonomi yang cukup tinggi berkisar Rp.150.000 – Rp. 300.000 sesuai dengan ukuran dan packaging dari masing-masing produknya.

Print Friendly, PDF & Email
Linda Eka Mayang Sari

Linda Eka Mayang Sari

Media Marketing