Komoditas

Lung Siyem

Lung  Siyem adalah sebutan bagi pucuk tanaman labu siam yang panjang menjulai, yakni batang serta  daun muda oleh warga Desa Japan. lung sendiri merupakan sebutan  bagi  pucuk semua jenis tanaman merambat.  

Lung Siyem sebagai salah satu sayuran khas Japan

Pucuk labu siam ini dimanfaatkan oleh warga desa sebagai sayuran. Karena sifatnya yang netral dan mudah dipadu padankan dengan aneka bahan lain, maka banyak olahan yang  dibuat. Seperti aneka olahan sayur bening, oseng, campuran mie rebus, urap/keluban, dan lain sebagainya.

Dahulu di Desa Japan, komoditas labu siam (siyem) pernah menjadi idola, sampai ada yang namanya Pasar Siyem. Karena hampir semua warga yang menjajakan hasil buminya berupa labu siam (siyem).

Pasar Siyem ini merupakan pasa desa yang menjajakan hasil bumi.

Selain itu ada beberapa manfaat yang dapat kita peroleh ketika mengkonsumsi lung siyem  ini:

1. Meningkatkan kesehatan mata

Daun labu siam memiliki kandungan vitamin A yang bisa mencegah degenerasi sebagian bagian mata. Seiring bertambahnya usia bisa memicu degenerasi, oleh sebab itu harus dicegah dengan mengonsumsi daun labu siam.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

karena daun labu siam memiliki kandungan zat besi yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan tersebut dapat melawan virus dan berbagai penyakit lainnya. Zat besi juga bisa meningkatkan kasar oksigen untuk jaringan, organ, dan sel yang rusak.

3. Menyeimbangkan hormon

Daun labu siam memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan berfungsi untuk menjaga keseimbangan hormon. Ini juga bisa memperbaiki jaringan dan mengatur sel dan organ tubuh. Oleh sebab itu, penting mengonsumsi daun labu siam karena bisa menggantikan sel yang rusak di dalam tubuh.

4. Mengobati diabetes

Manfaat kesehatan bukan hanya dihasilkan buanya saja, daun labu siam kaya kandungan baik. Penyandang diabetes bisa mengonsumsi daun labu siam yang bisa dijadikan obat. Sebab, Daun labu siam atau lung siyem memiliki efek hipoglikemik yang bisa membantu mengurangi kadar gula darah.

Lung Siyem menjadi salah satu suguhan kuliner khas di Desa Wisata Japan. Biasanya diolah dan dipadu dengan aneka ragam bahan masakan lain memiliki citarasa khas olahan Desa Japan.

Print Friendly, PDF & Email
Syaroful Anam

Syaroful Anam

Digital Management

One thought on “Lung Siyem

Comments are closed.