UKM

Unggul Jaya Snack

Produk oleh-oleh dari Desa Wisata Japan yang praktis untuk dibawa kemana saja salah satunya adalah Unggul Jaya Snack. Produk UKM kemasan ini berupa makanan ringan yang bisa didapat ketika berkunjung ke Kawasan Pegunungan Muria. Terutama Makam Sunan Muria, Syekh Hasan Sadzali Rejenu, dan destinasi lainnya di Japan.

Unggul Jaya Snack, Andalan Oleh-oleh dari Japan
Unggul Jaya Snack, Andalan Oleh-oleh dari Japan

Unggul Jaya Snack, Andalan Oleh-oleh dari Japan

Kondisi geografis di Pegunungan Muria menempatkan Japan sebagai desa agraris, dengan lahan hutan menjadi pola penghidupannya. Banyak komoditas dihasilkan, dengan berbagai macam tanaman yang tumbuh subur dan berkembang. Japan adalah surga bagi tanaman ketinggian, dan hasil buminya kemudian diolah serta dimanfaatkan sebagai salah satu produk andalan, yang berbeda dari banyak tempat di Jawa, di Nusantara. Komoditas pertanian pokok di Japan, meliputi tanaman keras, tanaman hutan, tanaman budidaya musiman dan tanaman non budidaya.

Asimilasi budaya termasuk juga mempengaruhi kuliner di Japan. Resep dan selera dari berbagai macam penjuru membaur menjadi suguhan dengan citarasa khas Pegunungan Muria. Dipadu dengan aneka bahan baku yang melimpah, menghasilkan produk kuliner yang tidak hanya lezat, tapi juga berkhasiat dan mampu membawa nilai-nilai budaya luhur pedesaan.

Dalam naungan lembaga di Desa Japan, produk UKM Japan berkembang dengan pesat. Terutama produk kemasan, baik dari hasil bumi lokal maupun olahan dengan paduan banyak bahan. Menjadi souvenir dan oleh-oleh wajib ketika berkunjung di Desa Wisata Japan.

Print Friendly, PDF & Email